Kategori
judi

Daftar Cabang Olahraga Esports di SEA Games 2021

daftar


Cabang olahraga (cabor) esports mobil game kembali dipertandingkan di SEA Games untuk edisi 2021 di Hanoi, Vietnam setelah debut di Manila, Filipina pada 2019. Berbeda dengan edisi 2019, esports di SEA Games 2021 akan mempertandingkan 8 cabor atau bertambah 2 cabor yang menghadirkan game-game baru, di antaranya dua permainan battle royale mobile populer, yaitu Free Fire dan PUBG Mobile.


Cabang olahraga eSports kembali dihadirkan pada pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara, SEA Games 2021. Ajang olahraga ini dijadwalkan berlangsung pada 21 November hingga 2 Desember 2021. Kepastian itu diumumkan oleh Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Vietnam, selaku negara tuan rumah SEA Games tahun ini. Vietnam Recreational and Electronic Sport Association (VIRESA) mengatakan bahwa ada delapan game yang akan dipertandingkan dalam ajang olahraga SEA Games 2021


Sebagaimana diumumkan oleh laman Viresa selaku Asosiasi Olahraga Rekreasi dan Elektronik Vietnam pada Rabu (24/3/2021), Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Vietnam telah merilis daftar cabor esports untuk SEA Games 2021 yang memiliki 8 cabor dengan 10 perlombaan atau memperebutkan 10 medali emas. Selengkapnya sebagai berikut:

Cabang Olahraga Esports
  1. League of Legends: Wild Rift – Tim Putra (mobile)
  2. League of Legends : Wild Rift – Tim Putri (mobile)
  3. Arena of Valor – Tim (mobile)
  4. PUBG Mobile – Tim (mobile)
  5. PUBG Mobile – Individual (mobile)
  6. Free Fire – Tim (mobile)
  7. League of Legends – Tim (PC)
  8. Fifa Online 4 – Tim (PC)
  9. Crossfire – Tim (PC)
  10. Mobile Legends: Bang Bang – Tim (mobile)

Dari daftar itu diketahui bahwa beberapa game yang dipertandingkan pada SEA Games 2019 Manila tidak dipertahankan, yaitu Dota 2, Starcraft II, Hearthstone, dan Tekken 7. Pada SEA Games 2019, esports menjadi kontes olahraga elektronik pertama sebagai perebutan medali dalam kompetisi multi-olahraga yang disetujui oleh Komite Olimpiade Internasional. Sebelumnya, cabor esports telah didemonstrasikan pada Asian Games 2018 di Jakarta, Indonesia.

Cabor esports di SEA Games 2019 memperebutkan total 6 medali emas yang didominasi oleh tuan rumah Filipina dengan 3 medali emas disusul Thailand (2 emas) dan Malaysia (1 emas).

daftar

Kontingen Indonesia hanya membawa pulang 2 medali perak dari cabor Arena of Valor (tim) dan Mobile Legends: Bang Bang (tim). Sementara, perhelatan SEA Games ke-29 tahun ini akan digelar pada 21 November sampai dengan 2 Desember 2021. Pesta olahraga negara-negara di Asia Tenggara ini akan mempertandingkan total 40 cabor.